Puslitbang Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI Menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Naskah Akademik “Penguatan Struktur Organisasi dan Tata Kerja Unit Penilaian Kompetensi (Assessment Center) Mahkamah Agung RI” di Semarang

Semarang -ebook.bldk.mahkamahagung.go.idPuslitbang Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Naskah Akademik “Penguatan Struktur Organisasi dan Tata Kerja Unit Penilaian Kompetensi (Assessment Center) Mahkamah Agung RI” yang bertempat di PO Hotel Semarang, Jawa Tengah (Kamis/24/03/2022).

FGD Penyusunan Naskah Akademik ini menghadirkan para pakar dari praktisi hukum sebagai narasumber, yaitu Drs. Muhamad Ashar, M.H. (Sekretaris Pengadilan Tinggi Semarang) dan Karyarini Fatonah, S.H., M.H. (Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Surabaya). Adapun peserta yang diundang dalam kegiatan ini berasal dari para Sekretaris, Kepala Bagian Umum, dan Kepala Bagian Kepegawaian dan Ortala di Peradilan di bawah lingkup Mahkamah Agung Wilayah Hukum Jawa Tengah.

Kepala Puslitbang Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI, Dr. H. Andi Akram, S.H., M.H. dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa eksistensi dan kinerja suatu lembaga sangat ditentukan oleh kualitas SDM yang dimiliki. Kualitas sumber daya manusia ditentukan oleh beberapa hal, misalnya pelatihan yang diikuti, Ketepatan dalam penempatan posisi atau jabatan tertentu, evaluasi terhadap kinerja, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan tata kelola dan peningkatan kapasitas Personil. “Oleh karena itu, keberadaan Assesment center Mahkamah Agung sangatlah penting, karena merupakan pusat kerja dari suatu unit yang diharapkan dapat melakukan indentifikasi profil pegawai dengan baik melalui pemetaan pegawai pada jabatan tertentu serta penyusunan rencana pengembangan karir dan potensi pegawai”, tambahnya. Karena berdasarkan hasil telaah atau analisis dari assesment center ini menjadi dasar dalam penempatan seseorang pada posisi atau jabatan tertentu, maka Penguatan metode assessment harus dilakukan. “Saya berharap Assesment Center Mahkamah Agung secara berkelanjutan dapat mengembangkan metode-metode dalam penilaian terhadap setiap pegawai maupun para calon pejabat yang akan mengisi pos jabatan tertentu dan semoga hasil dari FGD ini dapat memberikan sumbangan pemikiran terhadap proses Penguatan dan pengembangan tersebut ”

 Kegiatan penyusunan naskah akademik ini di Koordinatori oleh Jumadi., S.H., M.H. (Kepala Bagian Umum Kepegawaian BUA), dan di bantu oleh Muzhar Khotib.,S.IP.,S.H. (Kepala Sub Pengembangan SDM BUA), Hanan Tauqiefie.,S.T. (Kepala Sub Bagian Mutasi Pegawai II A), Zulfia Hanum Alfi Syahr.,SPd., M.M. (Peneliti BRIN), Muhammad Zaky Albana (Peneliti Puslitbang Hukum dan Peradilan), Mifta Haza Rahmayuna,S.Psi (Assessor SDM Apparatur), dan Rahayu Puji Astuti.,S.Psi (Assessor SDM Apparatur), Rangkaian kegiatan Selanjutnya adalah permintaan data dan wawancara dan juga Focus Group Discussion (FGD) di Wilayah Makassar Sulawesi Selatan. Penelitian ini dijadwalkan selesai di bulan agustus 2022 dan hasil naskah akademik ini diharapkan memberikan kontribusi praktis terhadap Penguatan Struktur Organisasi dan Tata Kerja Unit Penilaian Kompetensi (Assessment Center) Mahkamah Agung RI.