Kepala Badan: Bersyukur, Pengelolaan Litbang Berbasis Digital

Yogyakarta, ebook.bldk.mahkamahagung.go.id – Kepala Badan bersyukur pengelolaan penelitian dan pengembangan berbasis digital atau elektronik mulai digunakan.
Menurutnya, keberadaan sistem informasi pengelolaan penelitian berbasis digital  di Pusat Penelitian dan Pengembagan Hukum dan Peradilan sebagai sarana yang tepat dalam meningkatkan kinerja Badan Litbang Diklat Kumdil dalam menyelenggarakan fungsi penelitian dan pengembangan dibidang hukum dan peradilan. Hasil dari peningkatan kinerja, nantinya akan mengahasilkan penelitian yang berkontribusi nyata bagi kebijakan Mahkamah Agung dan senantiasa mendukung para pencari keadilan untuk memperoleh keadilan.
Aplikasi ini dapat berdayaguna bagi pengembangan Puslitbang dalam menghasilkan penelitian yang berkontribusi nyata bagi kebijakan Mahkamah Agung yang senantiasa mendukung para pencari keadilan untu memperoleh keadilan,” harap Kepala Badan  saat peluncuran Sislitbang dalam kegiatan Upgrading SDM Puslitbang Kumdil.
Senada dengan Kepala Badan. Panitera Mahakamah Agung dan Sekretaris Mahkamah Agung, Ketika menyampaikan paparannya, juga mengharapkan agar Puslitbang dapat dikembangkan secara berkesinambugan ke arah yang lebih baik dengan selalu berinovasi dalam menjalankan tugas pokok dan funsinya sebagai Pusat  berkumpulnya para pemikir. (the center of thinker).
Aplikasi yang dinamakan sistem informasi penelitian dan pengembangan yang disingkat sislitbang  ini merupakan sebuah proses transformasi digital, memiliki 7 fitur utama yaitu Pengelolaan Penelitian, Pengelolaan Data dan Publikasi, Pengelolaan Kegiatan, Kalender Kegiatan, Pengelolaan Persuratan, Pengelolaan Keuangan, dan Publikasi hasil Penelitian. Seluruh fitur ini merupakan satu rangkaian yang tak terpisahakan antara penelitian yang dijalankan oleh para koordinator peneliti beserta timnya.
Selain itu keberadaan Sislitbang akan semakin meningkatkan kualitas pengambilan keputusan maupun kebijakan bagi pimpinan Badan Litbang Diklat Kumdil dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, mengingat sistem ini telah terintegrasi dengan Sistem Informasi Pengelolaan Penelitian dan Pengembangan serta Sistem Informasi Badan Litbang Diklat (Sibangdiklat) sebagai induk dari berbagai sistem informasi yang ada di Badan Litbang Diklat Kumdil.
Acara peluncuran Sislitbang merupakan salah satu bagian acara kegiatan peningkatan kapasistas (Upgrading) dengan tema Penyusunan dan Paparan Kerangka Acuan Kerja Naskah Akademik,  bagi SDM Badan Litbang Diklat Kumdil dibidang Penelitian dan Pengembangan, dalam hal ini para Hakim Yusitial dan staf yang betugas melaksanakan fungsi penyusunan naskah akademis atau penyusun rekomendasi kebijakan lainnya.
Dilaksanakan selama 4 hari, mulai tanggal 23 Januari sampai dengan 26 Januari 2022, di Yogyakarta.