Pengisian aplikasi Sislitbang harus segera dilaksanakan secara maksimal

Jakarta, Sisilitbang.id –  Pusat Penelitian dan pengembangan Hukum dan peradilan kembali menggadakan kegiatan diklat di tempat kerja tentang pengisian Aplikasi Puslitbang yang diadakan pada hari Senin, 7 Maret 2022 di ruang rapat Puslitbang Lantai 10 Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI. Dalam Kata sambutannya Kepala Pusat penelitian dan Pengembangan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI, Dr. Andi Akram  menyampaikan rasa syukurnya bahwa warga puslitbang berkenan hadir dalam diklat pengisian aplikasi Sislitbang yang diadakan untuk ketiga kalinya, setelah diadakan pada tanggal 3 dan 8 februari 2022 di tempat yang sama. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu tim peneliti dalam menyusun rencana penelitian mulai dari pembuatan Term of Reference sampai dengan pembuatan Rancangan Anggaran Belanja berikut timetable dari setiap kegiatan penelitian yang akan dijalankan selama tahun 2022. Beliau sangat mengharapkan partisipasi aktif dari seluruh peserta diklat agar Aplikasi Sislitbang dapat bermanfaat maksimal untuk membantu secara administratif dalam memberikan informasi dan data kepada para pemangku kepentingan tentang kegiatan yang sedang dijalankan Puslitbang selama tahun 2022 yang berjumlah 15 penelitian dengan lokasi yang berbeda beda. Apalagi kegiatan Puslitbang sudah berjalan berjalan semuanya namun belum ada penginputan  data yang maksimal ke sislitbang. Oleh karenanya, tim sekretariat penelitian seyogyanya mengisi aplikasi sislitbang agar dapat memudahkan pimpinan dan tim keuangan dalam mendukung kegiatan penelitian yang sedang dijalankan.

Kapuslitbang menghimbau agar seluruh peserta pelatihan ini dapat mengisi data sislitbang dengan baik dan benar sehingga seluruh akun yang ada dalam aplikasi bisa dipantau oleh beliau mulai dari kegitan penelitian, peliputan, persuratan, keuangan, kalender kegiatan dan alat tulis kantor (ATK). Hal ini penting sekali diketahui mengingat bahwa penyerapan anggaran Puslitbang perlu terpantau secara berkesinambungan. Warga Puslitbang diwajibkan belajar dengan sungguh-sungguh untuk mengisi sislitbang ini agar tidak terjadi kesalahan pengisian. Sehingga pelaksanaan kegiatan selama tahun 2022 dapat dipantau secara berkesinambungan melalui aplikasi sislitbang. Pak Kapuslitbang juga mengingatkan agar pengisian aplikasi sislitbang diisi secara teratur, sebelum dan setelah kegiatan penelitian, peliputan dan kegiatan lainnya sehingga tidak menimbulkan pekerjaan yang tumpang tindih nantinya.

Tim Pengelola Aplikasi Sislitbang yang hadir dalam acara ini adalah saudara Najib Ali, Ridho dan Noval sangat antusias bahwa aplikasi ini dapat membantu warga Puslitbang dalam menyelesaikan tugasnya. Menanggapi Kapuslitbang terkait kelengkapan pengisian seluruh akun dalam sislitbang, Ridho menyampaikan bahwa meskipun belum banyak pengisian yang dilakukan oleh warga Puslitbang dalam aplikasi sislitbang, hal ini dapat diisi secepatnya sehingga seluruh akun aplikasi ini berdayaguna bagi kelangsungan kegiatan Puslitbang Kumdil MA RI.

Diklat Hari ini ditutup oleh Dr. Andi Akram, SH., Mh dengan himbauan agar seluruh tim sekretariat penelitian berkoordinasi dengan koordinator peneliti , Pejabat Pembuat Komitmen dan tim pengelola Aplikasi Sislitbang agar menyelesaiaka penginputan data ke aplikasi dengan baik dan benar. Sehingga seluruh penelitian yang dijalankan selama tahun 2022 ini dapat berjalan secara maksimal .

Rapat hari ini ditutup dengan santap siang bersama di ruang rapat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.(JLD)