Puslitbang Hukum dan Peradilan Menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Naskah Akademik Berjudul Peraturan Presiden Tentang Pengadaan Hakim

Semarang- ebook.bldk.mahkamahagung.go.id – Puslitbang Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Naskah Akademik dengan  tema Peraturan Presiden Tentang Pengadaan Hakim di Gumaya Tower Hotel, Semarang (Kamis/10/02/2022).

Dalam Laporannya Kepala Puslitbang Hukum dan Peradilan menyampaikan Kegiatan FGD Naskah akademik ini di hadiri oleh 4 narasumber dari kalangan akademisi diantaranya Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus Semarang, serta Dosen Universitas FH Univ. Muhammadiyah Yogyakarta dan Universitas Negeri Semarang. Adapun peserta yang diundang untuk mengikuti kegiatan ini kurang lebih 28 orang terdiri ketua/wakil ketua, kepala pengadilan/wakil kepala pengadilan dari 4 (empat) lingkungan peradilan di wilayah semarang dan sekitarnya, serta dosen hukum tata negara dari Universitas Diponegoro, Universitas 17 Agustus 1945 Semarang, Universitas Islam sultan agung, universitas Negeri semarang. Semoga FGD ini dapat memberikan titik terang atas permasalahan kurangnya hakim hakim pada pengadilan. Kegiatan ini di buka oleh Plt. Kepala Badan Diklat Hukum dan Peradilan Prof. Dr. Hasbi Hasan, SH., MH.

Dalam sambutannya Prof. Dr. Hasbi Hasan, SH., MH. Mengatakan Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Puslitbangkumdil MARI untuk memberikan input tentang 5 rancangan kebijakan strategis dan kebutuhan regulasi bagi rekrutmen hakim di lingkungan Mahkamah Agung. Prof. Dr. Hasbi Hasan, SH., MH berharap agar kegiatan ini menjadi fundamen bagi terlaksananya penelitian yang bermanfaat bagi lembaga, serta diharapkan dapat menghasilkan naskah akademik yang melandasi produk regulasi internal Mahkamah Agung maupun menjadi dasar bagi pelaksanaan riset-riset berikutnya yang bermanfaat baik dalam pengembangan kebijakan khususnya dalam rangka rekrutmen hakim maupun dalam pemanfaatan hasil riset bagi para hakim dan tenaga teknis lain.

Focus Group Discussion (FGD) Naskah Akademik ini di moderatori oleh Dr. Andi Julia Cakrawala, S.T., SH., MT., MH. Hakim Yustisial atau Kabag Perundang Undangan pada Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung RI. Narasumber Pertama Prof. Dr. Retno Saraswati, SH.,M.Hum Dekan/Guru Besar Hukum Tata Negara FH.Universitas Diponegoro dengan judul Kajian Yuridis Peluang PerPres tentang Rekruitmen Hakim, narasumber kedua Prof.Dr. Retno Mawarini Sukmariningsih, SH.,M.Hum Guru Besar FH Universitas 17 Agustus Semarang dengan judul Rekruitmen Hakim Sebagai Pelaksana Kekuasaan Kehakiman Yang Independen, Narasumber Ketiga Iwan Satriawan, SH., MCL., PhD Dekan FH Universitas Muhamammadiyah Yogyakarta dengan judul Komparasi Regulasi Rekruitmen Hakim di beberapa Negara  Demokrasi, dan Narasumber Keempat Dani Muhtada, MA.,Ph.D. Dosen FH Universitas Negeri Semarang dengan Kedudukan Hakim sebagai Aparatur Pejabat Negara.

Peserta FGD Antusias memberikan Masukan serta pertanyaan pada sesi tanya jawab membuat suasana menjadi lebih meriah. banyak masukkan didapatkan tim peneliti dalam acara FGD tersebut sehingga membuat banyak arah perubahan penelitian nanti ke depannya. Setelah sesi tanya jawab acara ditutup dengan foto bersama.