Warga Puslitbang Bertekun dalam Diklat Pengisian Aplikasi Sislitbang

Jakarta, ebook.bldk.mahkamahagung.go.id. Pusat Penelitian dan pengembangan Hukum dan peradilan kembali menggadakan kegiatan diklat di tempat kerja tentang pengisian Aplikasi Puslitbang yang diadakan pada hari Selasa, 8 Februari 2022 di ruang rapat Puslitbang Lantai 10 Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI. Dalam Kata sambutannya Kepala Bidang Program dan Evaluasi, R. Wijaya Brata, S.Kom menyampaikan rasa syukurnya bahwa warga puslitbang berkenan hadir dalam diklat pengisian aplikasi Sislitbang yang diadakan untuk kedua kalinya, setelah diadakan pada tanggal 3 februari 2022 di tempat yang sama. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu tim peneliti dalam menyusun rencana penelitian mulai dari pembuatan Term of Reference sampai dengan pembuatan Rancangan Anggaran Belanja berikut timetable dari setiap kegiatan penelitian yang akan dijalankan selama tahun 2022. Beliau sangat mengharapkan partisipasi aktif dari seluruh peserta diklat agar Aplikasi Sislitbang dapat bermanfaat maksimal untuk membantu secara administratif dalam memberikan informasi dan data kepada para pemangku kepentingan tentang kegiatan yang sedang dijalankan Puslitbang selama tahun 2022 yang berjumlah 15 penelitian dengan lokasi yang berbeda beda. Apalagi kegiatan Puslitbang sudah berjalan sebanyak 3 judul namun belum ada penginputan data ke sislitbang. Oleh karenanya, tim sekretariat penelitian seyogyanya mengisi aplikasi sislitbang agar dapat memudahkan pimpinan dan tim keuangan dalam mendukung kegiatan penelitian yang sedang dijalankan.

Menanggapi hal tersebut, salah satu peserta diklat pengisian aplikasi sislitbang menanyakan bagaimana cara menginput data keuangan apabila Rancangan Anggaran Belanja yang direncanakan berbeda dengan pelaksanaan kegiatan penelitian tentunya ini membutuhkan cara tersendiri. Hal ini langsung ditanggapi oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Puslitbang Kumdil MA RI, beliau menyampaikan bahwa perlu sekali otorisasi dari Kapuslitbang Kumdil MA RI dan Pejabat Pembuat Komitmen untuk melakukan penilaian terhadap laporan kegiatan dan laporan keuangan tiap tiap tim penelitian setelah kegiatan itu berlangsung. Bila laporan kegiatan dan laporan keuangan tersebut tidak ditemukan kesalahan maka tim penelitian bisa melanjutkan untuk melakukan penelitian ke kota berikutnya. Namun bila terjadi kesalahan dalam penginputan data laporan kegiatan dan keuangan, maka kegiatan penelitian di lokasi berikutnya patut ditunda. Oleh karenanya, perlu sekali pihak langit media selaku pihak ketiga yang mengawasi aplikasi ini memberikan ruang bagi Kapuslitbang dan ppk untuk menilai kertas kerja dari tiap tiap tim yang mengadakan kegiatan penelitian selama tahun 2022.

Tim Pengelola Aplikasi Sislitbang yang hadir dalam acara ini adalah saudara Najib Ali, Ridho dan Noval sangat antusias bahwa aplikasi ini dapat membantu warga Puslitbang dalam menyelesaikan tugasnya. Menanggapi PPK Puslitbang terkait otorisasi kegiatan penelitian, Saudara Najib Ali sudah menyiapkan strategi dalam mengantisipasi hal tersebut agar aplikasi sislitbang dapat membantu proses keuangan untuk mendukung kinerja Puslitbang selama satu tahun anggaran ini. Oleh karenanya, penginputan data oleh seluruh sekretariat penelitian wajib dilakukan sesegera mungkin agar Sislitbang dapat memperlancar semua pihak dalam memaksimalkan proses pengumpulan data penelitian dan pembuatan buku laporan hasil penelitian.

Diklat Hari ini ditutup oleh Pak R. Wijaya Brata, S.Kom dengan himbauan agar seluruh tim sekretariat penelitian berkoordinasi dengan koordinator peneliti , Pejabat Pembuat Komitmen dan tim pengelola Aplikasi Sislitbang agar menyelesaiaka penginputan data ke aplikasi dengan baik dan benar. Sehingga seluruh penelitian yang dijalankan selama tahun 2022 ini dapat berjalan secara maksimal .

Rapat hari ini ditutup dengan santap siang bersama di ruang rapat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.(JLD)